BASARNAS JAKARTA IKUT SERTA DALAM MARPOLEX DAN PENANGANAN KECELAKAAN DILAUT


Jakarta - Kegiatan latihan gabungan dalam penanggulangan tumpahan minyak di Laut atau dikenal sebagai Marine Pollution Exercise (Marpolex) merupakan salah satu langkah sigap dalam mengatasi tumpahan minyak di Laut yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Kementrian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Acara Marpolex 2019 ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari, dimana pada hari pertama dilaksanakan pada Senin, 2 September 2019 dengan kegiatan Rapat Koordinasi dan Table Top Latihan Marpolex di Perairan Muara Angke kemudian hari kedua dilaksanakan pada Rabu, 4 September 2019 dengan melakukan kegiatan Latihan bersama yang diikuti oleh beberapa Instansi seperti Basarnas Jakarta, BTKP, KSOP Kepulauan Seribu, KSOP Muara Angke, Dishub DKI Jakarta, UPAPK, UPPP Muara Angke, LH Jakarta Utara, Polsek Sunda Kelapa, Posal Pantai Mutiara, Polair Pos Muara Angke, Damkar Muara Angke, Pelabuhan Penumpang Muara Angke, PT. SSA, PT. SIM, PT. ASDP, SPBB David, SPBB Hartono, SPBB AKR, Kesehatan Muara Angke, Pol Subsektor Muara Angke, GM. PHE-ONHWJ. 
Acara ini dibuka dengan sambutan dari Elwin Refindo selaku Kepala Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok sebagai Irup dalam acara Marpolex ini. “Tujuan utama dalam kegiatan Marpolex Muara Angke tahun 2019 adalah untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan dan peralatan Instansi terkait dalam menanggulangi musibah tumpahan minyak, penanggulangan kebarakan dan pencarian dan pertolongan orang jatuh kelaut khususnya yang terjadi di wilayah perairan teluk Jakarta.” Beliau juga berharap kegiatan Marpolex di Muara Angke 2019 dapat terlaksana dengan lancar dan sukses serta dapat menjadi pemicu semangat kebersamaan dan koordinasi antar instansi dalam melaksanakan tugas kita sehari-hari baik dalam kondisi normal maupun kondisi bencana.
I Made Oka Astawa, S.H., M.Si. selaku PLH Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta mengatakan “Dengan diselenggarakan pelatihan ini dapat membangun sinergitas dan kekompakan antara instansi-instansi terkait dan terlebih dengan Basarnas ikut andil dalam kegiatan ini dalam menanggulangi apabila terjadi ledakan kapal minyak maupun saat pengeboran minyak yang terindikasi adanya korban jiwa.”
Terlebih lagi Latihan ini juga dapat dijadikan untuk menguji prosedur, alur komando, komunikasi dan organisasi operasi penanggulangan tumpahan minyak dengan melibatkan seluruh aset semua Instansi di wilayah Pelabuhan Muara Angke. (HUMAS KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN JAKARTA)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : jakartaadmin
4 September 15:00 WIB