TIM SAR GABUNGAN EVAKUASI SELURUH KORBAN BANGUNAN RUNTUH DI JOHAR BARU


Jakarta – Telah terjadi bangunan runtuh di daerah Johar Baru Jakarta Pusat, Jumat (26/4). Berdasarkan informasi yang diterima kejadian tersebut terjadi siang hari sekitar pukul 12.00 WIB. Diketahui masih ada beberapa korban yang masih belum dievakuasi dan masih butuh pertolongan. Tim SAR gabungan yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Basarnas Special Group (BSG), Polsek Johar Baru, BPBD DKI Jakarta, Damkar Jakarta Pusat, PMI DKI Jakarta, AGD 112, Rumah Zakat Rescue, Satpol PP Johar Baru, Dinas Tata Air DKI Jakarta, Tagana DKI Jakarta dan masyarakat sekitar bahu membahu untuk mengevakuasi korban yang tertimpa reruntuhan.

IMG-20190429-WA0016.jpg

Personil Basarnas yang tiba di lokasi langsung berkoordinasi dan melakukan briefing terkait keberadaan tiga orang korban yang masih terjebak di dalam reruntuhan. Saat kejadian, tim SAR gabungan sedang berusaha mengevakuasi satu orang korban yang diketahui masih hidup.

Selanjutnya untuk bisa masuk ke lokasi korban tertimbun material, tim BSG dengan menggunakan cipping hummer membuat akses jalan dari bangunan yang berada di sebelahnya. Tim segera mengangkat puing-puing bangunan yang menimbun dua orang korban. Tim menemukan korban yang merupakan ibu dan anak dalam keadaan berpelukan dimana sang ibu berusaha melindungi buah hatinya. Namun sangat disayangkan saat keduanya ditemukan sudah dalam kondisi tidak bernyawa.

“Basarnas bersama tim SAR gabungan melakukan proses evakuasi dengan menggunakan alat ekstrikasi untuk menemukan korban yang masih tertimbun di dalam reruntuhan bangunan tersebut, dan proses ini kita sebut Collapsed Structure Search and Rescue (CSSR)”, tegas Hendra Sudirman selaku SAR Mission Coordinator (SMC).

Seluruh korban yang sudah dievakuasi baik meninggal dunia maupun luka-luka langsung dibawa ke RSCM untuk mendapatkan proses selanjutnya. Adapun identitas korban selamat yakni Kristianto (24), Kristiawan (24), Assifa Syaputra (17), Syarifudin (60), M. Soleh, Aditya Frastia, Amar (4), Nurdiana Utami (32), Nasura (7), dan Ardi (10). Sementara tiga orang korban meninggal atas nama Doni Pakpahan (49), Hilmi (1), dan Ana (60). (Humas Kantor SAR Jakarta)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Dengan Penanganan Khusus , General Berita .
Pengunggah : sopan
26 April 13:42 WIB