Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Profesional Sinergi Militan " Sekate Sejiwe Sewarne "


Dua Orang Pemilik Villa Yang Tersesat di Gunung Salak I, Ditemukan Dalam Kondisi Selamat


Bogor - Franki Malau (40) dan Ledi Arisandi Sitanggang (37) merupakan dua orang pemilik Villa yang terpisah dari rombongan saat sedang mencari mata air di Jalur Gunung Salak I, Tugu Jaya, Cigombong, Kab. Bogor, Jawa Barat pada Minggu siang (24/11).  Kedua korban ditemukan dalam kondisi selamat oleh Tim SAR Gabungan di lembah dengan radius 2 KM dari villa yang ditempati selanjutnya korban dievakuasi ke Balai Warga untuk diserahkan kepada kerabatnya. 

Sebelumnya, kejadian bermula pada saat korban beserta rombongannya yang berjumlah 10 orang naik ke gunung salak melewati jalur taman teknologi pertanian Cigombong untuk mencari mata air, pada pukul 12.00 wib korban terpisah dari rombongan di ketinggian lebih dari 1200 mdpl, pada saat pukul 18.03 wib korban Atas nama Franky sempat mengirimkan pesan (sms) kepada rekannya bahwa kondisi cuaca saat itu hujan deras dan sepertinya posisi korban sudah berbeda dari bukit dari rombongan, dan korban mengatakan akan mematikan hp nya untuk menghemat baterai. Informasi ini diterima oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dari Bapak Sinaga, menindak lanjuti informasi tersebut Satu Tim Rescue langsung menuju ke lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan unsur yang sudah berada di lapangan. 

“Berkat sinergitas Tim SAR Gabungan, Kedua korban telah ditemukan dalam kondisi selamat pada Minggu malam (24/11) sekitar pukul 23.30 WIB selanjutnya korban dievakuasi untuk diserahkan kepada kerabatnya.” Tegas Hendra Sudirman, S.E., M.Si., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) pada Operasi SAR ini.

Beliau juga menegaskan untuk Operasi SARini Tim SAR Gabungan yang sudah berada di lokasi kejadian terbagi menjadi 2 (dua) SRU dimana pada SRU pertama melakukan pencarian visual dari kantor desa Tugu Jaya menuju jalur pendakian korban sejauh 5,5 KM sedangkan pada SRU kedua melakukan pencarian visual dari kantor desa Tugu Jaya menuju jalur pendakian korban sejauh 4 KM. Adapun unsur-unsur yang tergabung dalam Tim SAR Gabungan yaitu, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Polsek Tugu Jaya, Babinsa Tugu Jaya, Linmas Tugu Jaya, Pol PP Cugombong, Bogor SAR Community, SAR Khatulistiwa Sukabumi, Aqua Rescue, Orari Kota Bogor, dan Cakrawala SMI. Dengan ditemukannya kedua korban, maka operasi SAR dinyatakan ditutup dan seluruh unsur kembali ke kesatuannya masing-masing.
(HUMAS KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN JAKARTA)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : jakartaadmin
25 November 2:00 WIB