Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Profesional Sinergi Militan " Sekate Sejiwe Sewarne "


Helikopter Basarnas Mendarat di Helly Deck KN SAR Wisnu


JAKARTA – Helikopter Rescue jenis dauphin milik Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) berhasil mendarat mulus di helly deck KN SAR Wisnu, Kamis (30/7/2020). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk latihan kesiapsiagaan, bagi kru heli maupun kapal dalam menghadapi operasi pencarian dan pertolongan.

Latihan yang berlangsung di Dermaga Ex Inggom Tanjung Priok dihadiri Deputi Sarana dan Prasarana dan Sistem Komunikasi Marsekal Muda TNI Suparmono, Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Mayjen TNI Bambang suryo Aji, Direktur Sarana dan Prasarana Marsekal Pertama Agus Sudarmanto, Direktur Bina Tenaga Marsekal Pertama TNI F. Indrajaya, Inspektur Brigjen TNI (Inf) Chanlan Adilane, dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Hendra Sudirman.

Disela-sela kegiatan Suparmono mengatakan bahwa latihan ini merupakan rangkaian dari produksi KN SAR Wisnu. Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan helly deck kapal. 

“Hari ini baru selesai melaksanakan latihan helikopter mendarat di helly deck KN SAR Wisnu. Tadi sudah dilaksanakan take off landing helikopter dauphin dengan kondisi baik hampir tidak ada permasalahan sesuai standar,” ujarnya.

“Hal ini perlu dilaksanakan untuk memaintence kemampuan profesinalisme baik awak heli maupun awak kapal, kaitannya dengan kesiapsiaagaan Basarnas. Sekalipun dalan kondisi pandemi covid-19 Basarnas tetap selalu siaga dan siap melaksanakan operasi sar kapan pun dan dimanapun,” tambahnya.

Seperti yang diketahui awal Maret 2020 Basarnas telah meresmikan dua armada laut berukuran 66 meter yakni KN SAR Wisnu ditempatkan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dan KN SAR Kamajaya di Makassar.  Selain untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan, juga memiliki kemampuan untuk menjadi kapal logistik bagi kapal lainnya. (Nv)

 



Kategori General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
30 July 13:05 WIB