Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Profesional Sinergi Militan " Sekate Sejiwe Sewarne "


Ingin Kenal Dekat Dengan SAR, 150 Anak Tk Kunjungi Basarnas Jakarta


Tangerang - Pagi ini BASARNAS Jakarta dipenuhi dengan anak-anak yang berjumlah kurang lebih 150 orang, mereka tentu tidak ingin melakukan unjuk rasa melainkan ingin mengenal lebih dekat lagi dengan search and rescue (SAR). Dengan menggunakan 3 kendaraan Bus, siswa Taman Kanak-kanak yang berasal dari Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Jakarta tiba di Kantor BASARNAS Jakarta yang terletak di Jln. Marsekal Suryadharma, Kota Tangerang, pada kamis (31/10) sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi.

Antusiasme anak-anak ini mulai muncul ketika tim Rescue Basarnas Jakarta mengenalkan tentang alat-alat serta metode pertolongan yang sering dilakukan pada saat operasi SAR. Mereka juga dikenalkan mengenai sejarah berdirinya BASARNAS melalui penayangan visual dari film dokumenter serta penjelasan dari tim rescue. "Edukasi ini kita sampaikan agar informasi mengenai apa tugas pokok dan fungsi dari BASARNAS sendiri bisa tersampaikan sejak dini kepada anak-anak TK, apresiasi juga saya sampaikan kepada pihak sekolah karena sudah membimbing siswanya untuk mengenalkan SAR." tegas Hendra Sudirman, S.E., M.Si., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta. Di samping itu siswa taman kanak-kanak ini juga diajak untuk melakukan metode pertolongan di ketinggian, kemudian juga mengenal alat-alat yang ada di dalam rescue truk, kemudian mereka juga diajak berkeliling gedung Kantor BASARNAS Jakarta dengan menggunakan Amphibous ATV.

Sebagai tindak antisipasi terhadap bencana para rescuer pun mengenalkan kepada anak-anak tersebut mengenai jenis-jenis bencana yang sering terjadi di Indonesia, mereka juga diajak mengetahui bagaimana antisipasi apabila bencana itu terjadi dan bagaimana mengatasinya. Tidak hanya itu, siswa taman kanak-kanak tersebut juga mengikuti simulasi yang diberikan oleh tim rescue berdasarkan teori dan pemahaman yang sudah mereka dapatkan sehingga mereka dapat menerapkannya apabila bencana itu terjadi di lingkungan mereka kelak, karena bencana itu tidak bisa kita cegah, tetapi bagaimana cara mengantisipasinya itu adalah yang harus kita ketahui. Sebagai penutup dari kunjungan tersebut, tim rescue BASARNAS Jakarta membagikan buku "SAR GOES TO SCHOOL" yang berisi tentang pemahaman mengenal lebih dalam lagi tentang bencana. 
(HUMAS KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN JAKARTA)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : jakartaadmin
31 October 14:00 WIB