Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Profesional Sinergi Militan " Sekate Sejiwe Sewarne "


Kantor SAR Maumere Gelar Pelatihan Potensi SAR Teknik Pertolongan Di Permukaan Air (Water Rescue) Di Labuan Bajo


Labuan Bajo, 04/03/2020 -- Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere menggelar Pelatihan Potensi SAR di labuan bajo dengan peserta sebanyak 50 Orang dari Instansi TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah Labuan Bajo. Giat pembukaan Pelatihan Potensi SAR tadi pagi dihadiri oleh para tamu undangan diantaranya Kapolres Manggarai Barat, Danramil 1612 Manggarai Barat, Komandan Brimob Kab. Manggarai Barat, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Manggarai Barat, Komandan Pos AU Kab. Manggarai Barat, dan Komandan Pos AL Kab. Manggarai Barat, dan Pembukaan langsung dilakukan oleh Direktur Bina Potensi Basarnas I Ketut Parwa, S.H., M.M, Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus C. Dula, dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana, S.E., M.AP.

Direktur Bina Potensi Basarnas I Ketut Parwa, S.H., M.M dalam sambutannya mengatakan bahwa “Pentingnya pelatihan ini adalah agar mempermudah koordinasi pencarian dan pertolongan, Kita pun sepakat bahwa penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan akan lebih efektif dan efisien apabila terintegrasi dalam satu tim terpadu. Kami menyadari bahwa kekuatan pencarian dan pertolongab lintas sektoral tersebut juga tidak akan mudah diwijudkan apabila tidak terdapat sinergi diantara seluruh pemangku kepentingan yang terkait. Oleh karena itu dalam kesempatan yang baik ini Kami ingin mengajak segenap elemen masyarakat baik dari kalangan pemerintah maupun swasta untuk bersama-sama menyatukan gerak dan langkah dalam memberikan menyatukan gerak dan langkah dalam memberikan pelayanan kemanusiaan terbaik kepada masyarakat.”

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana, S.E., M.AP dalam sambutannya mengatakan bahwa “Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan dipermukaan air (water rescue) ini dilaksanakan dengan maksud untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada potensi pencarian dan pertolongan di Kab. Manggarai Barat tentang Teknik pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue) kepada Korban yang membutuhkan bantuan SAR. Adapun tujuan pelatihan diantaranya memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pertolongan water rescue, meningkatkan kemampuan masyarakat dalam melaksanakan  evakuasi, forum berbagi pengalaman sekaligus menjalin sinergi dan soliditas antara Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere khususnya Pos SAR Manggarai Barat dengan Potensi Pencarian dan Pertolongab Manggarai Barat, Peserta mampu menjelasakan subtansi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan”.

Adapun waktu pelaksanaan pelatihan potensi SAR Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue) dilaksanakan  dari tanggal 04 sampai 09 Maret 2020 dan dilanjutkan dengan uji kompetensi dari tanggal 10 sampai 11 Maret 2020, dengan tempat pelaksanaan di aula hotel plago dan hotel pramuka serta di pantai new bajo Kab. Manggarai Barat.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Maumere
4 March 11:00 WIB