Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Profesional Sinergi Militan " Sekate Sejiwe Sewarne "


KLM Beringin Jaya Terapung-Apung 8 Hari Hingga Ke Perairan Alor Kansar Maumere Melakukan Operasi SAR


Maumere, 24/02/2020. Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere menerima permintaan Pemapelan Pada Tanggal 19 Februari 2020 dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Makassar perihal KLM Beringin Jaya dengan rute Pulau Sanane Kab. Pangkep Sulawesi Selatan menuju Pulau Bima pada tanggal 17 Februari 2020 mengalami Lost Kontak di Perairan Flores.

Pada Tanggal 19 Febaruari 2020 Kansar Maumere langsung melaksanakan koordinasi dan pemapelan dengan pemapelan dengan instansi Berpotensi SAR di Wilayah Kerja Kansar Maumere antara lain SROP Maumere, Polair Maumere, Lanal Maumere, SROP Manggarai Barat, SROP Reo, dengan hasill sementara masih nihil. Proses Koordinasi dan Pemapelan terus dilakukan oleh Kantor SAR Maumere dengan melaksanakan pemapelan dan operasi SAR terhadap KLM Beringin Jaya.

Pada Tanggal 23 Februari 2020 Pukul 23.33 Wita diberangkatkan Rescue Boat 212 Maumere dari Pelabuhan Wuring untuk melaksanakan pencarian KLM Beringin Jaya menuju Perairan Utara Pulau Alor lokasi terakhir perkiraan KLM Beringin Jaya lost Kontak dan pada Tanggal 24 Februari 2020 Pukul 06.15 diberangkatkan Tim SAR Gabungan dengan mennggunakan RIB 500 PK Pos SAR Alor menuju Lokasi kejadian untuk melaksanakan Operasi SAR.

Kepala Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere I Putu Sudayana mengatakan bahwa “Pada Hari ini tanggal 24 Februari 2020 Pukul 06.30 Wita Kantor SAR Maumere menerima info dari  Tim SAR Gabungan yang menggunakan RIB 500 PK Pos SAR Alor  bahwa KLM Beringin Jaya ditarik oleh Kapal Nelayan Pencari Ikan Tuna hari ini pada Pukul 02.30 Wita menuju Pelabuhan Kokar Pulau Alor. Pada Pukul 04.30 Wita KLM Beringin Jaya dengan POB (Person On Board) 5 Orang telah sandar di Pelabuhan Kokar Pulau Alor dengan keadaan selamat dan sehat. Tim SAR Gabungan pada Pukul 09.30 menuju Pelabuhan Kokar dan Desa Kokar untuk melakukan pengecekan setelah berada di Desa Kokar Tim SAR Gabungan bertemu dengan Ke Lima POB KLM Beringin Jaya dalam keadaan selamat dan sehat serta telah ditangani dengan baik oleh pihak aparat Desa Kokar.”

Adapun Nama-nama Ke Lima POB KLM Beringin Jaya yaitu Jumehan (30 Thn), Rani (17 Thn), Ahmad (17 Thn), Rudi (15 Thn), dan Umbu (16 Thn). 



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : Maumere
24 February 10:00 WIB