Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Profesional Sinergi Militan " Sekate Sejiwe Sewarne "


Personil BSG Laksanakan Uji Keahlian Selam Full Face Mask


KEP SERIBU - Personil Basarnas yang tergabung dalam Basarnas Special Group (BSG) kembali melanjutkan kegiatan refres selamnya, Jumat (7/8/2020). 
Masih di Pulau Pramuka kegiatan dimulai sejak pagi hari. Adapun agenda kegiatan pada Jumat ini adalah uji keahlian penyelam. Para personil yang menyelam di kedalaman sekitar 15-20 meter diharuskan mengaplikasikan materi full face mask diver seperti penggantian masker biasa ke masker full face. Uji keahlian ini nantinya untuk memverifikasi apakah penyelam tersebut layak mendapatkan sertifikasi full face mask diver atau tidak. 
Selain uji keahlian menyelam, secara bergantian para personil BSG juga mempraktekkan penggunakan wireless diving communication (WDC) yakni radio atau alat komunikasi bawah air yang terhubung dengan penyelam. Dengan berlatih mengoperasikan WDC ini para personil bisa mengetahui apa saja hambatan-hambatan yang dapat mempengaruhi frekuensi serta berapa jauh bentangan jarak penyelam dengan tim komunikasi yang berada di permukaan laut.  
Kegiatan refresh dan sertifikasi selam yang dilakukan ini diharapkan para personil BSG yang terlibat dapat menyelam dan melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan di perairan terbuka. Selain itu juga mampu berkomunikasi dan mengoperasikan peralatan komunikasi bawah air.
Pada kesempatan ini, para personil BSG juga memanfaatkan waktu untuk refersh menyelam dimalam hari atau night dive. Hal ini dilakukan agar kemampuan dan keterampilan teknis night dive mereka terus terasah. (Nv)

 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : Daru Nugroho
7 August 16:25 WIB