Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Profesional Sinergi Militan " Sekate Sejiwe Sewarne "


TIM SAR GABUNGAN KERAHKAN PULUHAN PERSONIL LANJUTKAN PENCARIAN REMAJA YANG TENGGELAM DI DANAU BATU KARUT


Sukabumi – Tim SAR gabungan pada senin (4/10) kembali melanjutkan pencarian terhadap seorang remaja yang tenggelam di Danau Batu Kurut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Pencarian dilanjutkan dengan melibatkan puluhan personil SAR gabungan dari berbagai instansi serta organisasi masyarakat diantaranya Pos SAR Sukabumi, Koramil Sukaraja, Polsek Sukaraja, Kecamatan Sukaraja,BPBD Kab. sukabumi, BPBD Kota Sukabumi, DAMKAR Kab.Sukabumi, Satpol PP Kecamatan Sukaraja, SEHATI, ACT, Pramuka Peduli Kab.Sukabumi, Tagana Kab. Sukabumi, Tagana Kota Sukabumi, PMI Kab. sukabumi, PMI Kota Sukabumi, Mapala Bina Mutiara, Rumah Zakat,  VTB Nusa Putra, PP Kab. sukabumi, PP Kota Sukabumi, Stikes, Simpel Stisip Syamsul Ulum, PMI Kota Sukabumi, HMI, Saka Wira Kartika, IEA Sukabumi Raya, BKPB-PP, Faji Sukabumi, Mapala Pasek, RAPI, CBP, Simpel Stisip, SAR Khatulistiwa, ACT Kota Sukabumi, dan Masyarakat Setempat.

Pencarian yang memasuki hari ketiga ini akan dibagi menjadi 3 (tiga) area pencarian dimana SRU pertama akan melakukan pencarian dengan penyisiran menggunakan rubber boat hingga radius kurang lebih 200 meter dari lokasi kejadian, SRU kedua akan melakukan pencarian melalui jalur darat dengan pengamatan secara visual menyisir bantaran danau hingga radius 600 meter dari lokasi kejadian, dan SRU ketiga akan melakukan penyelaman dengan kedalaman 5 hingga 7 meter dengan radius 10 meter dari lokasi kejadian. Tidak hanya itu pencarian juga dimaksimalkan dengan peralatan tradisional seperti jangkar dan jaring untuk explore SAR (E-SAR) di area danau tersebut.

“Kami akan kembali maksimalkan pencarian sesuai dengan jumlah personil SAR gabungan serta alat utama pendukung operasi SAR yang ada di lapangan dengan harapan korban segera ditemukan.” tegas Hendra Sudirman, S.E., M.Si., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR. Beliau juga menuturkan bahwa sementara kendala yang ada di lapangan adalah keruhnya di bawah permukaan danau sehingga menyulitkan proses penyelaman dengan visibilty maksimal 1 meter saja. Di samping itu juga tenyata danau tersebut adalah sumber irigasi menuju perumahan warga serta persawahan di lingkungan tersebut. “Pihak kami sudah melakukan koordinasi dengan unsur muspika yang ada di daerah tersebut untuk sementara menutup pintu air yang menghubungkan saluran irigasi agar korban tidak bergeser terlalu jauh nantinya.” Ungkap Hendra. 

Diketahui sebelumnya korban yang bernama Ramdan Ridwansyah (18) tenggelam pada minggu (3/10) sekitar pukul 11.00 WIB di Danau Batu Karut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Korban pada saat itu sedang berenang di danau tersebut hingga akhirnya mengalami keram kaki dan tenggelam.

 

HUMAS KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN JAKARTA



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : jakartaadmin
4 October 10:00 WIB